Membuat Artikel yang SEO Friendly Berikut 4 Tips Caranya

No Comments

Tips dan Cara Membuat Artikel yang SEO Friendly

Tips dan Cara Membuat Artikel – Kini banyak orang yang ingin tau cara membuat artikel karena blog dan website yang semakin populer. Mulai dari blog pribadi ataupun website perusahaan yang nantinya bisa dijadikan sebagai salah satu strategi untuk melakukan content marketing.

 

Di dunia blogging terdapat istilah SEO Friendly. SEO Friendly merupakan bagaimana kita memahami cara agoritma dari Google bekerja, dari sanalah Anda akan memaksimalkan apa yang dapat dilakukan dengan mengikuti algoritma yang diberikan oleh Google tersebut. Jadi apa yang dilakukan sesuai dengan apa yang diinginkan oleh Google. Sehingga SEO Friendly bukanlah untuk mengakali ataupun suatu titik pada algoritma Google. Berikut ini merupakan tips membuat artikel yang SEO Friendly, diantaranya:

1. Lakukan Riset keyword

Pada saat Anda ingin membuat suatu artikel tentu Anda berharap artikel tersebut dibaca oleh banyak orang. Riset keyword merupakan tujuan dalam mencari tahu bagaimana orang-orang ketika mencari informasi yang mereka butuhkan. Tujuannya supaya Anda dapat menyelesaikan penulisan kata dengan keyboard yang memang kerap dipakai oleh banyak orang pada saat mencari informasi mengenai konten yang hendak Anda buat.

Contoh tools yang digunakan untuk mengetahui riset keyword yaitu KWFinder. Yang perlu Anda pahami yaitu search volume dan keyword difficulty. Sebaiknya Anda memilih keyword atau kata kunci yang mempunyai search volume tinggi dan keyboard difficulty dengan persaingan yang rendah.

2. Mengoptimalkan Struktur Artikel

Apakah anda pernah mendengar istilah struktur artikel seperti heading 1, heading 2, dan seterusnya? Hal ini juga bisa mempengaruhi maksimal atau tidaknya struktur artikel kamu. Secara singkat, heading adalah tag yang berfungsi menyusun beberapa level pada artikel. Ini serupa apabila kamu membaca buku, nah sebelum masuk paragraf terdapat heading yang berisi pokok pikiran, ataupun inti dari suatu paragraf.

Ketika menulis artikel di blog juga, yang membedakan yaitu pokok pikiran diganti dengan keyword utama. Kemudian disusul dengan keyword Latent Semantic Indexing (LSI) ada heading 2, heading 3, dan seterusnya. Fungsinya yaitu untuk memudahkan Google dalam mengetahui mengenai apa artikel yang Anda buat.

Baca juga : Kenapa Kita Harus Pakai Jasa SEO?

3. Konten Adalah Raja

Sebagus-bagusnya SEO yang terdapat pada website Anda, nantinya tidak akan berfungsi apabila konten yang Anda buat tidak berkualitas. Dikarenakan algoritma Google kini sudah semakin pintar. Jadi bukan hanya berkaitan dengan on-page atau off-page SEO saja, tetapi juga dapat memperhitungkan user experience pada saat membaca datang mengunjungi blog yang Anda kelola.

User experience bukan hanya dilihat dari sisi lama durasi seseorang membaca artikel Anda, tetapi juga dari navigasi website, kecepatan loading website, tampilan website, dan lain sebagainya. Untuk itu Anda harus membuat konten yang berkualitas. Hindari memaksakan menulis yang bukan keahlian di bidang Anda, sebab percuma nantinya. Karena tulisan Anda akan kalah dengan mereka yang nambah menulis karena mengetahui benar-benar apa yang sedang mereka tulis. Selain itu, Anda juga perlu menambahkan media pada artikel untuk membantu pembaca memahami tulisan, baik itu foto, video, infografik dan lain sebagainya.

4. Share artikel

Mendistribusikan artikel yang telah dibuat tempat yang relevan sangat penting. Apalagi jika blog Anda terhitung masih baru. Supaya orang-orang mengetahui artikel yang Anda tulis, bagikan tulisan Anda ke berbagai media sosial atau fanpage. Selain itu Anda juga bisa membuat teknik email marketing, yaitu dengan membuat mailist yang berisikan tentang email penggemar blog Anda. Jika ada artikel baru maka Anda balas email ke list email penggemar blok sehingga mereka bisa langsung membaca artikel terbaru dari Anda.

Demikianlah  tips untuk membantu Anda dalam membuat artikel yang SEO Friendly. Semoga bermanfaat!

Cara Menulis Artikel

Cara menulis artikel harus diawali dengan tentukan topik terlebih dahulu. Yakinkan bahwa kamu telah tentukan topik yang seperti keinginan. Disamping itu, upayakan untuk cari topik yang gampang dimengerti oleh kelompok khalayak luas. Supaya gampang tentukan topik, kerjakan pengamatan atau riset lebih dulu. Ini menjadi satu diantara langkah efisien agar artikel yang ingin dicatat mempunyai dasar atau dasar kuat, sekalian bisa memancing ketertarikan beberapa orang.

Pilih topik seperti keinginan akan mempermudah cara menulis artikel. Khususnya untuk pemula yang jarang-jarang menulis artikel dan jarang-jarang menulis. Topik yang diharapkan akan jadikan penulis lebih semangat mengeruk gagasan lebih menarik.

About us and this blog

We are a digital marketing company with a focus on helping our customers achieve great results across several key areas.

Request a free quote

We offer professional SEO services that help websites increase their organic search score drastically in order to compete for the highest rankings even when it comes to highly competitive keywords.

Subscribe to our newsletter!

More from our blog

See all posts

Leave a Comment